Profil

YAYASAN YAYASAN PENDIDIKAN ISLAM
PONDOK PESANTREN
DARUSSALAM

Sejarah Riwayat Berdirinya Pesantren

Pondok Pesantren Darussalam  didirikan di Tugumulyo Kecamatan Lempuing Kabupaten Ogan Komering Ilir Provinsi Sumatera Selatan  Pada Tanggal 11 Maret 1999  Yang Menerima Siswa/Santri untuk Belajar di Pondok Pesantren Darussalam  Yang dimulai dengan Madrasah Diniyah Ula, Wustho dan Ulya. Pondok Pesantren tersebut di asuh oleh Ky.Nurhadi Hizbulloh. Dengan adanya tuntutan dan perkembangan zaman maka didirikan Pendidikan yang berkurikulum Formal.

Demi mencetak kader-kader islam yang berpengetahuan luas yang disertai ahlaqul karimah. Kami pengurus pondok pesantren darussalam Tugumullyo Kecamatan Lempuing Kabupaten Ogan Komering Ilir bekerjasama dengan tokoh masyarakat setempat untuk menambah Unit  pendidikan yang ada di dalam Pondok Pesantren Darussalam yaitu Marasah Ibtida’iyah Darussalam dan Madrasah Tsanawiyah  Darussalam. Kemudian Setelah Lulus dari Madrasah Ibtidaiyah dan Tsanawiyah, namun belum Lulus di Madrasah  Diniyahnya maka Pandok Pesantren  Mendirikan Pendidikan Menengah  Atas yaitu Sekolah Menengah Atas Islam Darussalam (SMA ID) Tahun 2007.

Untuk  memngimbangi perkembangan zaman dimasa kepemimpinan  Bapak Presiden Bambang Yudhoyono (SBY), santri banyak yang memilih melenjutkan kependidikan kejuruan, dengan kondisi demikian maka Pondok Pesantren Menambah unit Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yaitu SMK Islam Raden Fatah (SMK I Rafa ) Pada tahun 2012.

Begitu juga pada tahun 2016 banyak siswa siswa Sekolah Dasar  yang ingin Belajar  di pondok pesantren, tetapi  masih bisa melanjutkan pendidikan di Nanungan  Dinas Pendidikan, maka Pondok Pesantren menambah unit pendidikan Sekolah Menengah Pertama Islam Cendikia Darussalam (SMP ICD).

Sesuia ketatnya daya saing  Sumber daya Manusia (SDM )  maka  Pondok Pesantren  berkomitmen membetuk generasi muda yang unggul dan berdaya saing berlandaskan nilai nilai keislaman,  Maka Pondok Pesantren Mendirikan Pendikan lebih lanjut kejenjang  Penguruan Tinggi yakni STEBIS  (sekolah Tinngi Ekonomis dan Bisnis Islam ) Darussalam Pada Tahun 2017.